Mengapa seorang anak tidak boleh memilih kewarganegaraan sendiri sebelum umurnya 18 tahun

Jawaban

Jawaban 1
Karena masih labil,mungkin :D

Pertanyaan Terkait

Cara mengatasi ancaman non militer

Jawaban

Tidak serta merta menerima kebudayaan luar negri melainkan harus di seleksi agar tdk terjerumus ke budaya asing. Jangan membiarkan pasar dalam negri dikuasai oleh orang luar negri 

Bentuk pemerintahan negara sosialis

Jawaban

Suka membantu sekian dan

Cara memilih presiden di negara lain (berbentuk republik) selain pemilu.
Tolong dijelaskan ya :)

Jawaban

Jenis-jenis Pemerintahan Demokrasi di Dunia
Secara resmi, demokrasi sudah dijadikan dasar bagi kebanyakan pemerintahan negara-negara di dunia. Namun dalam perwujudannya, terdapat bermacam-macam jenis demokrasi menurut kondisi dalam negeri negara yang bersangkutan. Jenis-jenis demokrasi yang ada di dunia saat ini adalah:
1. Demokrasi Presidentil.Demokrasi presidetil disebut juga sebagai demokrasi presidensial. Dalam demokrasi presidensial, orang-orang yang menjalankan pemerintahan (para menteri dalam susunan kabinet presidensial) bertanggungjawab kepada presiden karena yang memilih menteri-menteri itu adalah presiden.Negara yang menganut sistem demokrasi presidensial antara lain negara Pakistan pada masa pemerintahan Presiden Ayub Khan tahun 1960. Negara Indonesia sejak tahun 1966 hingga sekarang juga menjalankan demokrasi presidentil.
2. Demokrasi Parlementer.Dalam demokrasi parlementer, orang-orang yang menjalankan pemerintahan (eksekutif) bertanggungjawab kepada parlemen dan kekuasaan legislatif (DPR) berada di atas kekuasaan eksekutif. Para menteri kabinet bertanggungjawab kepada badan legislatif. Kabinet harus mendapat kepercayaan dari DPR dan DPR dapat memberikan mosi tidak percaya kepada kabinet.Negara yang menjalankan demokrasi parlementer dalam pemerintahan mereka antara lain Belgia, Belanda, Perancis dan Indonesia pada masa Demokrasi Liberal (tahun 1950 sampai 1959).
3. Demokrasi dengan sistem pemisahan kekuasaan.Sistem demokrasi dengan pemisahan kekuasaan hampir sepenuhnya diterapkan di negara Amerika Serikat. Kekuasaan legislatif dipegang oleh Kongres, kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden, sedangkan kekuasaan yudikatif dipegang oleh Mahkamah Agung.Masing-masing badan berdiri sendiri dan terpisah satu sama lain. Kekuasaan yang diberikan pada setiap badan dibatasi untuk mencegah penumpukan kekuasaan. Antar lembaga negara bekerja dengan saling mengawasi sehingga terjadi keseimbangan diantara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif.



4. Demokasi melalui referendum dan inisiatif rakyat.Referendum adalah pemungutan suara rakyat mengenai suatu rencana pemberlakukan undang-undang. Sistem demokrasi melalui referendum ini berlaku di negara Swiss. Setiap wilayah administratif di Swiss disebut sebagai kanton.Kanton-kanton tersebut berbentuk republik yang masing-masing kanton memiliki kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Dalam praktek demokrasi di negara Swiss, tugas legislatif berada di bawah pengawasan rakyat. Pengawasan oleh rakyat dilakukan melalui referendum. Referendum dibagi menjadi dua, yaitu referendum obligator dan referendum fakultatif.Referendum obligator atau referendum wajib adalah pemungutan suara rakyat yang wajib dilakukan untuk suatu rencana undang-undang dasar negara bagian atau undang-undang lain yang dianggap penting. Sedangkan referendum fakultatif adalah pemungutan suara rakyat mengenai rencana undang-undang yang tidak diharuskan, kecuali jika pada masa tertentu setelah rencana undang-undang itu diumumkan sejumlah rakyat meminta diadakan referendum kembali.
Macam-Macam Demokrasi yang Terjadi di Indonesia

A. Demokrasi Pancasila
Demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia sampai saat ini adalah demokrasi Pancasila. Yaitu, pelaksanaan demokrasi di Indonesia dilakukan atas dasar Pancasila. Dengan kata lain adalah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup Pancasila.
 B. Demokrasi Terpimpin
Sistem demokrasi ini dicetuskan oleh Soekarno, pada masa demokrasi terpimpin Soekarno menjadi kekutan politik yang hamper tak tergoyahkan. Bahkan beliau mencalonkan diri sebagai presiden seumur hidup. Namun hal itu ditentang oleh Hatta karena menurutnya jika menganut system tersebutu maka Indonesia kembali ke Negara Feodal yang berpusat pada raja.
 C. Demokrasi Parlementer
Demokrasi parlementer adalah sebuah system demokrasi yang pengawasannya dilakukan oleh parlemen. Ciri utama Negara yang menganut system demokrasi ini adalah dengan adanya parlemen  dalam sistem  pemerintahannya. Indonesia pernah mencoba menganut system ini pada saat pertama merdeka tahun 1957.

D. Demokrasi Liberal
Demokrasi liberal adalah salah satu paham yang mendorong munculnya banyak partai politik. Karena dalam praktiknya, setiap masyarakat mempunyai hak yang sama untuk berkecimpung dipemerintahan. Dalam system ini pemilu harus dilaksanakan dengan bebas dan adil. Selain itu, pemilihan kepala pemerintahan dilakukan secara kompetitif.


Tujuan dan realisasi partisipasi warga negara dalam pembelaan negara

Jawaban

Tujuan = membantu menciptakan suasana nyaman, nasionalisme, dan terwujudnya kemerdekaan yang sesungguhnya.

Realisasi = berjuang mengusir penjajah (penjajah dalam bentuk sabotase, dll), menolak teroris, dan memberantas korupsi untuk menciptakan Indonesia sejahtera

Apakah yang dimaksud exteritoriallity

Jawaban

Exteritoriallity atau extra teritoriallity  yaitu diplomat  hampir dalam segala hal harus diberlakukan sebagaimana mereka berada di luar wilayah penerima para diplomat beserta stafnya tidak tunduk pada kekuasaan peradilan pidana dan sipil dari negara penerima

Jelaskan 3 Makna sumpah pemuda bagi bangsa indonesia

Jawaban

1.para muda mudi indonesia harus mencintai tanah air
2.para muda mudi indonesia harus lebih mengenal bangsanya
3.para muda mudi indonesia harus membela negara

Berikan alasan tentang pentingnya melakukan pembelaan negara bagi setiap warga negara indonesia

Jawaban

Jika negara kita tidak dibela dan kita tidak memiliki rasa nasionalisme yang tinggi maka negara akan terjadi perpecahan belah. 

Jelaskan dan berikan contoh pembentukan usaha pembelaan negara oleh warga negara

Jawaban

Dengan mremberi dukungan yang wajib

Apa yg dimaksud pertikaian senjata?

Jawaban

Pertikaian\perang dengan menggunakan senjata (biasanya senjata api)

Jelaskan pengaruh negatif dari budaya globalisasi terhadapan nilai-nilai bagi bangsa indonesia

Jawaban

1.masuknya film dan musik barat yang tidak sesuai dengan moral bangsa indonesia 
2.jiwa individualitis semakin meningkat & rasa kekeluargaan menurun 
3.kesenjangan sosial antara masyarakat yang kaya & dan miskin semakin membesar 
Hilangnya budaya sendiri .


Jelaskan dasar hukum dan peraturan tentang kewajiban bela negara

Jawaban

UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 " Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara "

Perang adalah bela negara tahap?

Jawaban

Tahap pertama ........

Apa yang dimaksud Dengan Suara mayoritas?
PPKN

Jawaban

Suara yang berdasarkan darisuara terbanyak

semoga membantu dan bermanfaat :-)
Suara paling banyakk

Pemerintah yang berdaulat adalah pemarintah yang ......

Jawaban

Yang mempunyai kekuasaan penuh terhadap suatu wilayah dan rakyatnya baik keluar atau pun kedalam.

Jelaskan yang dimaksud denan hukum sebagai pelindung!

Jawaban

Hukum melindungi setiap hak2 masyarakat

Jelaskan siapa saja pemegang kedaulatan rakyat menurut UUD NRI tahun 1945

Jawaban

Setelah amandemen

presiden ( Esekutif)    
DPR, DPD menjadi 1 MPR( Legislatif)
MA,MK,KY (kehakiman)
BPK

semoga membanut dan bermanfaat :-) 

Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung nilai 3 dimensi yaitu?

Jawaban

- sistem pemikiran yg terbuka
- tidak mengambil pemikiran dari luar melainkan dari hati nurani masyarakat itu sendiri

Pemerintahan yg d pusatkan oleh pemeritahan pusat adalah?

Jawaban

Sistem sentralisasi

semoga membantu dan bermanfaat :-)
Sistem pemerintahan sentralisasi

Bagaimana cara menanggulangi hambatan dalam pemilihan umum yg berasaskan langsung,umum,bebas,rahasia,jujur,dan adil?

Jawaban

Jujur , adil sopan santun ramah bebas aktif negatif dan positif

Cara menghargai golongan atau organisasi

Jawaban

Kita harus berfikir bahwa kita merupakan makhluk yang tidak sempurna, maka dari itu kita harus saling tolong menolong, dengan tolong menolong maka kita akan semakin menghargai orang lain

semoga membantu dan bermanfaat :-)
Dengan menanamkan kesadaran pada diri kita, bahwa kita semua sama , suatu golongan belum tentu lebih baik dari golongan lain

Pertanyaan Lainnya
Gadis kecil itu telah kabur dari rumah selama 2 hulan Carilah informasi cara mendaur ulang sampah plastik , hingga menjadi barang yang bermanfaat We can see a.....in tawamangun Contoh pemanfa,atan lingkungan hidup X=....that shoes y=it is forty five thousand rupiahs seutas tali di potong menjadi 5 bagian dengan panjang masing masing membentuk barisan geometri . jika potongan tali terpendek 5cm dan potongan tali terpanjang 80cm, maka panjang tali semula adalah ... Buatlah contoh kalimat dengan kata sifat perbandingan berikut ini : sekuat,lebih kuat,terkuat Unsur perangkat daerah kota yang menangani urusan administrasi adalah Kakak yang pinter/jago dengan pelajaran fisika tolong dibantu ya. 1. Sebuah sonometer menghasilkan frekuensi 220 Hz. Frekuensi yang dihasilkan jika diameter senar diperbesar 4 kali adalah... 2. Jika resonansi kedua terjadi pada kolom udara setinggi 45 cm, resonansi pertama terjadi pada saat kolom udara setinggi... 3. Sebuah garputala digetarkan diatas mulut tabung dan terjadi resonansi pertama saat tinggi kolom udara 17 cm. Apabila cepat rambat bunyi di udara 340m/s, frekuensi getaran garputala adalah..... 4. Bunyi guntur terdengar 1/12 menit setelah kilatnya terlihat oleh pengamat. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, jarak antara pengamat dengan tempat terjadinya kilat adalah... Kaka dokter dan yang pinter ipa,di jawabnya pakai caranya ya ka,yang jelas dan tepat. The story "malin kundang" is from.... Dampak negatif pengatur keasaman Bagaimana pendapatmu mengenai pengaruh PD 2 terhadap pendudukan jepang di indonesia Kenapa kolonial eropa datang ke indonesia ? ? ? Yel yel regu rajawali The story"surabaya" is from Sebutkan dan jelaskan Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia Tentukan bilangan oksidasi dari a. O2 b. KMnO4 c. NO3 Hitinglah sin 30°-tan30°cos 30° Apa pengertian predasi dan parasitisme ? ? ? Hasil dari 81 1/4 × 4 3/2 adalah