Contoh kalimat yang termasuk bagian komplikasi dalam cerpen

Jawaban

Jawaban 1
Inti permasalahan cerita itu

Pertanyaan Terkait

Sebukan hal hal yang dapat memengaruhi kegiatan membaca sekilas seorang!

Jawaban

Membuat seseorang menjadi lebih cepat tanggap ^_^

Apa yg d maksud dgn formal
dan tidak formal

Jawaban

Menurut saya:formal itu secara langsung sedangkan tidak formal itu tidak secara langsung .klau gak salah
Formal itu resmi/langsung tdk formal itu tdk resmi/tdk langsung... maaf klo salah

Apa yang pengertian formal?
tolong dijawab y penting

Jawaban

Pengertian formal adalah pengertian yang umum digunakan atau dipakai



*maaf kalau salah
Formal kalo gk salah artinya resmi

Campurkan garam, gula pasir, susu, tepung terigu, dan mentega. kemudian aduk semua bahan - bahan hingga merata. alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah...

a. bermakna ganda
b. tidak ada unsur subjek
c. pilihan kata tidak tepat
d. menggunakan kata yang mubazir

Jawaban

A.bermakna ganda... karena ada kata semua bahan-bahan
A.bermakna ganda Klu salah maaf ya

Bahasa yang baku dan benar adalah bahasa yang sesuai

Jawaban

Bahasa yang sesuai dengan EYD =Ejaan Yang Disempurnakan

Tolong di jawab ya soalnya besok dikumpulin.Buatlah 5 kalimat majemuk beserta unsur spok dengan menggunakan konjungsi a. sehingga
b. tetapi
c. melainkan
d. walaupun
e. dan

Jawaban

A. Adik mendapat nilai bagus sehingga ia naik kelas
b. Adik dibelikan Ayah mainan tetapi Adik masih menangis
d. Dino anak yang sabar walaupun Dino diejek teman-temannya
e. Aku mengerjakan PR Matematika dan B.Indonesia
maaf yg c saya g bisa ngerjakan
Agung tidak saja mengambil uangku saja,tetapi juga mengambil uangnya budi
anisa bukanya pegi sekolah,melainkan pergi ke pasar bersama temanya



Saya terganggu dengan bau badannya kalau duduk berdekatan. Kata yang mengalami penyempitan makna adalah kata......
A. Terganggu
B. Bau
C. Duduk
D. Dekat

Jawaban

A. Terganggu...
Maaf kalau salah
Bau
semoga bermanfaat

Cara merangkum buku pengetahuan populer,yaitu menemukan pokok pikiranyg penting.apa yg dilakukan berikutnya? TOLONG YA.

Jawaban

1.membaca buku hingga memahami secara utuh dan lengkap 2.menuliskan pokok-pokok intisari bacaan atau buku 3.menuliskan pokok-pokok tersebut menjadi rangkaian kalimat yang mudah dipahami 4.mencek dan ricek hasil rangkuman dengan isi buku, untuk mengetahui apakah rangkuman sudah lengkap atau belum

Tolong buat teks ulasan tpi jngan cari di google
Beserta struktur

Jawaban

Contoh Teks Ulasan Film "Surga yang Tak Dirindukan"Teks ulasan adalah teks yang mengulas sebuah fenomena ataupun sesuatu (misal: buku, film, dsb). Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman; 2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk; 3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; 4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Berikut contoh teks ulasan film yang saya modifikasi dari sumbernya. Kamu dapat memodifikasinya (terutama bagian Evaluasi dan Rangkuman) berdasarkan sudut pandang kamu sendiri setelah tentu saja menonton film ini terlebih dahulu.

Surga yang Tak Dirindukan merupakan film terlaris 2015. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah, Zaskia Adya Mecca, Sandrina Michelle, dan lain-lain. Diproduseri oleh Manoj Punjabi dan sutradara Kuntz Agus. Skenarionya ditulis Alim Sudio dan diproduksi MD Pictures.

Dikisahkan, Pertemuan Pras (Fedi Nuril) dan Arini (Laudya Cynthia Bella) bak sebuah dongeng. Pras jatuh hati pada sosok keibuan Arini. Arini pun tak dapat menolak keinginan hati ketika Pras meminangnya. Kehidupan rumah tangga keduanya berjalan mulus tanpa masalah. 
Kisah cinta pada pandangan pertama Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) begitu indah. Pernikahan yang kemudian terwujud mendatangkan kebahagiaan lain dengan hadirnya Nadia (buah cinta keduanya).

Sosok Pras yang baik dan setia selalu menenangkan Arini, berbagai kisah perselingkuhan yang dialami perempuan di sekelilingnya, termasuk sahabat dekatnya, tidak sekalipun mengusik kepercayaan Arini terhadap sang suami. Demi mewujudkan rumah agar senantiasa menjadi surga cintanya dan Pras, Arini pun berusaha mengabdikan diri sepenuh hati sebagai Ibu dan Istri.

Pras memang benar-benar ingin menggambarkan sebuah surga yang akan selalu dirindukan Arini. Ia tak mau mengusik kepercayaan Arini kepadanya. Pras pun berjanji tidak akan menyakiti hati Arini.
Namun, perjalanan takdir kemudian berujung ujian bagi cinta Arini dan Pras. Suatu hari, dalam perjalanan menuju kantor, Pras harus menolong sebuah mobil yang mengalami kecelakaan. Alangkah kagetnya Pras saat mengetahui korbannya, adalah seorang perempuan dalam balutan baju pengantin Mei Rose (Raline Shah), yang berusaha bunuh diri, setelah laki-laki yang berjanji menikahi ternyata menipunya.
Meirose yang sangat labil itu merasa hidupnya sudah tak berguna. Padahal, Meirose baru saja melahirkan seorang anak laki-laki.

Melihat kejadian itu, Pras tak tinggal diam. Pengalaman masa lalu ditinggal sang ibunda ketika belia membuat hatinya tergugah. Ia menyelamatkan dan menikahi Meirose. Semua ia lakukan karena tak ingin melihat 'korban' dari seorang ibu yang ingin bunuh diri.
Pada mulanya, Pras menutupi keberadaan Meirose dari Arini. Lambat laun, kebohongan itu pun terungkap. Arini yang mengetahui hal itu mendadak hancur. Dongeng indah tentang pernikahan yang ia impikan harus dirusak oleh kehadiran Meirose. Arini juga merasa rumah tangganya dengan Pras bukan lagi bentuk surga yang ia rindukan. Di sisi lain, Arini tertampar oleh kenyataan bahwa hidup bukan untuk dongeng semata. 
Pernikahan Pras dan Arini berada di tepi jurang.

Film yang dirilis mulai 15 Juli saat lebaran 2015 lalu ini bisa dibilang berhasil memanfaatkan momen libur Lebaran dalam mengumpulkan penonton. Tergolong kurang spektakuler penjualannya dalam pekan-pekan awal, namun dengan dibantu dengan promosi gencar dan respons yang baik dari penontonnya, film ini sanggup bertahan lebih dari satu bulan di bioskop. Pada akhirnya, film keluaran MD Pictures ini jadi film Indonesia dengan penjualan tiket terbanyak di tahun 2015, yaitu sebanyak 1.523.570 tiket.

Diangkat dari novel karya Asma Nadia, novel terlaris tersebut memang mengedepankan kisah poligami yang masih tabu bagi sebagian masyarakat Indonesia. Fedi Nuril pun sudah dua kali didapuk melakoni peran sebagai pria berpoligami. Pada filmnya kali ini, akting Fedi sangat natural. Ia terlihat sangat masuk pada karakter Pras yang sabar dan tidak tegaan. Bahkan, Fedi tak segan-segan menunjukkan akting menangisnya.

Begitupun dengan Laudya Cynthia Bella. Berperan sebagai Arini, emosi Bella terbilang meledak-ledak. Wajar saja, Arini digambarkan sebagai karakter yang 'tersakiti' karena ulah poligami sang suami, Pras. Akting menangis pun tak luput dari perannya di film ini.

Ini merupakan kali pertama bagi Raline Shah melakoni peran sebagai istri kedua. Meski sempat menolak bergabung, namun Raline berhasil 'menyatu' dengan sosok labil Meirose. Di film ini, Raline tampil bertransformasi dari tanpa hijab hingga berhijab.

Perlu diakui, pengemasan film 'Surga yang Tak Dirindukan' lebih baik dari film drama umumnya. Pasalnya, efek suara dan visual film benar-benar dibuat hidup, sehingga penonton seperti masuk dalam cerita dalam film. Alur cerita dan titik klimaks film pun dibuat teratur. Film ini sangat cocok dinikmati bagi Anda yang ingin tahu sisi berbeda dari poligami.

Pesan yang akan disampaikan pengarang kepada pembaca disebut

Jawaban

Amanat .mungkin, maaf ya kalau salah
Amanat ......... . ..

Uraikan hal hal yang harus dilakukan ketika observasi yang kamu ketahui!

Jawaban

Mengamati objek yg sedang di observasi, menulis apa yg mau ditanyakan dll.
semoga bermanfaat

Tolong buatkan tajuk rencana tentang popda

Jawaban

PAYAKUMBUH-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, berharap, dari ajang Popda dan O2SN, bakal lahir atlet yang handal, berprestasi hingga tingkat nasional. Dalam melahirkan sumber daya manusia yang bermutu tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik saja.

“Akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik melalui kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler dan berbagai lomba bersifat keagamaan maupun bersifat keolahragaan seperti iven Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2016,”ujar Riza Falepi ketika membuka iven tersebut Sabtu (26/3).

Terlihat dalam ajang bergengsi tingkat pelajat itu, sebanyak 400 atlet pelajar, SD hingga SLTA bertarung pada 10 cabor, memperebutkan tiket, menuju iven yang sama tingkat provinsi.

Kepada panitia, walikota meminta, seluruh tim juri, wasit dan para kontingen agar tetap mengedepankan semangat sportivitas, kejujuran yang tinggi sehingga menghasilkan atlit-atlit pelajar yang benar-benar berkualitas.

Pembukaan Popda dan O2SN  yang cukup bergengsi itu,  ditandai dengan pelepasan balon,  berlangsung di GOR  Kubu Gadang. Dihadiri Ketua DPRD YB.Dt. Permato Alam, Kapolresta Payakumbuh AKBP Yuliani, Kadisdik Hasan Basri,  Kadisparpora  diwakili Kabid Olahraga Adiyatul Rahman, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Pengurus KONI, serta seluruh kepsek dan undangan lainnya.

Pembukaan olahraga pelajar itu cukup semarak dan meriah, diawali dengan penampilan   atraksi drumband SDN 13 Payakumbuh dan devile masing-masing kontingen utusan kontingen pelajar- pelajar kecamatan.

Ketua pelaksana, Dalsisup, melaporkan, Popda dan O2SN akan berlangsung tiga hari mulai 26 – 28 Maret 2016. Atlet-atlet yang bertarung, sebelumnya diseleksi di tingkat kecamatan. Ke-10 cabang yang dipertandingkan dalam even itu,  silat, senam, bulutangkis, tenis, tenis meja, karate, taekwondo, bola voli, atletik dan renang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri, ketika dihubungi, mengatakan, pembinaan olahraga di sekolah, sudah cukup lebih baik dari tahun ke tahun. Buktinya, dalam kegiatan Popda dan O2SN Payakumbuh sudah beberapa kali merebut gelar juara umum. “Tahun ini, mudah-mudahan gelar yang sama kembali milik kontingen Payakumbuh,” tegasnya.***

- See more at: http://www.gosumbar.com/berita/baca/2016/03/28/ajang-popda-o2sn-bakal-lahirkan-atlet-yang-handal#sth...

Tolong buatkan soal tentang teks diskusi

Jawaban

Bagai mana cara berdiskusi dengan baik?

Apa yang dimaksud dengan intonasi

Jawaban

Intonasi atau lagu kalimat adalah tinggi rendahnya bunyi.
Intonasi adalah lagu kalimat

Berenang membutuhkan energi lebih....... dari pada berlari

Jawaban

Besar, krn berenang menggerakkn smua orgn tbh

Mendengar penjelasan dari narasumber yang harus kita lakukan adalah

Jawaban

Mendegarkan narasumber tersebut.berbicara

Kalimat perintah berikut ini yang tergolong kalimat perintah halus adalah..

Jawaban

Pilihannya apa aja.......
Tolong jangan berisik

harap tenang

Buat kan lah puisi dengan memperhatikan unsur persajakannya dengan judul/tema pahlawan wanita?

Jawaban

"Pengorbananmu Ibu"

Aku tahu...

Semua letihmu itu tulus

Dan... akupun tahu

Bukan apa-apa yang engkau ingin

Engkau tak pernah inginkan apa-apa


Dulu engkau pernah bilang

Cepatlah besar anakku !

Jadilah engkau orang besar

Yang membesarkan hati ibu


Semua hebatku, tak kan pernah ada

Tanpa ikhlas pengorbananmu

Sabdamu adalah do’a, do’a yang nyaring terdengar

Dan pasti.. di dengar

Bukan gelimang harta untuk membalas

Bukan pula, tahta dan mahkota

Bhakti, taat... menjaga hati

Itu saja... cri dan mesti ku beri


Analisis :

1.Tema

Adapun tema yang menjadi dasar puisi tersebut adalah perasaan cinta terhadap seseorang. Perasaan tersebut diungkapkan dengan pernyataan bahwa aku lirik tidak akan meninggalkan seseorang tersebut meskipun sudah meninggal dunia. Berdasarkan hasil analisis yang saya lakukann maka dapat saya ketahui bahwa, tema yang diangkat oleh penulis ini sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu mengangkat tema “hari kartini”.

2.Rasa

Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu dalam menciptakan puisi, suasana perasaan pe nyair ikut diekspresikan dan harus dapat dihayati pem baca. Melalui pembacaan yang baik, kita sebagai pendengar dapat merasakan suasana perasaan ter sebut. Dan berdasarkan hasil analisis saya bahwa puisi yang dibuat oleh penyair ini pada setiap potongan kalimatnya di ikuit dengan kata perasaan, seperti kutipan yang dibawah ini:

Aku tahu...

Semua letihmu itu tulus

Dan  ... akupun tahu

Bukan apa-apa yang engkau ingin

Engkau tak pernah inginkan apa-apa

3.Nada

Adapun sikap penyair kepada pembaca dalam puisinya di sebut nada puisi. Jika nada merupakan sikap penyair terhadap pem baca, maka suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah mem baca puisi itu. Nada dan suasana puisi saling berhubungan. Nada duka yang diciptakan penyair dapat menum buhkan suasana iba hati pem baca. Begitu pula nada religius dapat menimbulkan suasana khu syuk.

Dan berdasarakan analisis saya, bahwa nada yang tergambar dalam puisi “pengorbanan ibu” adalah membacanya dengan suasana khusyuk, dan sedih.

4.Amanat

Amanat biasanya tersirat di balik kata-kata yang disusun. Amanat berhubungan dengan makna karya sastra yang bersifat interpretatif, artinya setiap orang mempunyai penafsiran terhadap makna puisi yang berbeda-beda.

Bahwa berdasarkan analisis saya bahwa amanat yang terdapat dalam puisi “ pengorbanan ibu” ini menyangkut tentang kehidupan seseorang dengan orang tuanya. Bahwasanya apa yang telah diperbuat oleh orang tuanya semata-mata untuk membuat anaknya menjadi yang terbaik, dan orang tuanya tidak menginginkan apa-apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi intinya hormatilah dan hargailah orang tuamu. 


Yang dimaksud resensi buku adalah

Jawaban

Suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya suatu buku

Alasan mengidolakan zulham zamrun

Jawaban

Karena zulham merupakan pesepakbola yang hebat

Pertanyaan Lainnya
dalam tari berpasangan dan kelompok dituntut keserampakan dan keseragaman gerak yg tinggi agar terlihat Apa yang dilakukan raden wijaya setelah singasari dikuasai jayakatwang ??? pada percobaam resonansi , tinggi kolam udara dalam tabung pada saat sumber bunyi beronansi kedua adalah 0,5M jadi panjang gelombang bunyi tersebut adalah Di mana letak benda apabila bayangan yang dibentuk cermin cembung terletak pada titik fokus F ?? Jumlah rasul yang disebutkan dalam surah al-anam adalah ? lensa cembung mempunyai jarak fokus 15 cm.jika perbesaran bayangannya 3 kali lebih besar,maka jarak benda terhadap lensa adalah Pada tahun berapa belanda baru mengakui kedaulatan indo secara de jure? Kemer dekaan mengemukakan pendapat Membran sel bersifat semipermeabel apakah artinya 1.suatu bangun datar mempunyai 4 sisi dengan sama panjang sisinya sejajar,sedangkan sisi yang lainnya tidak sejajar .apa nama bangun datar ini Benda yg mempunyai daya hantar paling buruk adalah Bunyi gema pada jarak 170 m, terdengar setelah 1 s. besar kecepatan bunyi ditempat tersebut adalah.. Identifikasikan dan jelaskan lima macam permintaan Carilah 5 lingkungan buatan / budaya yang ternyata merusak kehidupan dan cari solusinya Kejahatan merupakan perilaku yang menyimpang dari Sebutkan jenis-jenis pajak berdasarkan sifatnya Hak warga negara dalam menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab Tuliskan macam macam interaksi sosial berdasarkan bentuk Harga 1 kodi pulpen adalah 36.000 sedangkan 1 lusin pensil adalah 16.200. Perbandingan sederhana harga pulpen dengan harga pensil adalah.... a. 3 : 2 b. 4 : 3 c. 5 : 3 d. 5 : 4 Tolong pake cara Organisasi bisnis adalah organisasi yang tujuannya