Sebutkan faktor yang menyebabkan energi disetiap tingkat trofik berkurang???

Jawaban

Jawaban 1
Karena efisiensi penggunaan energi dari produsen ke konsumen makin berkurang jg

Pertanyaan Terkait

Pengertian conidiophores

Jawaban

Istilah dalam bidang kedokteran 

Bila seseorang sama sekali tidak mampu mengeluarkan urine, kelainan ini disebut … .

Jawaban

Mempunyai penyakit kanker
Kencing batu mungkin

Zat yang dilepaskan saat terjadinya alergi adalah

Jawaban

Zat yg dilepaskan adalah histamin 

Jelaskan peranan filum echinodermata bagi manusia??

Jawaban

Echinodermata memakan bangkai bangkai sehinga pantai menjadi bersih

Cacing tanah dan lintah membuang limbah metabolismenya melalui

Jawaban

Melalui permukaan kulit dan anusnya

Apa unsur utama dari budidaya ikan di kampung dan jelaskan unsur utama yang paling berpengaruh

Jawaban

Akuakultur adalah kegiatan untuk memproduksi biota (organisme) akuatik dilingkungan terkontrol dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan (profit) (Leugeu,2010).Budidaya ikan meliputi baik usaha dikolam air tawar, maupun tambak air payau. Kegiatanya berupa membudidayakan ikan yang dulunya hidup liar menjadi ikan kultur(piaraan). Pembudidayaan yang pertama kali terhadap ikan sudah dilakukan para kulturis  ikan di zaman lampau, sehingga sekarang tinggal menikmati hasilnya yang sudah jinak dan mau menghasilkan telur. (dan benih) ikan di bawah pengawasan orang dikolam/bentuk usaha membudidayakan ikan ini di sebut dengan budidaya ikan. Ikan merupakan salah satu organisme akuatik yang rentan terhadap perubahan lingkungan terutama yang diakibatkan oleh aktivitas manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. setiap jenis ikan agar dapat hidup dan berkembang biak dengan baik harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dimana ikan itu hidup (Connel, 1987 dalam Siagian, 2009).
a. KecerahanCahaya matahari merupakan sumber energi yang utama bagi kehidupan jasad termasuk kehidupan di perairan karena ikut menentukan produktivitas perairan. Intensitas cahaya matahari merupakan faktor abiotik utama yang sangat menentukan laju produktivitas primer perairan, sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis (Boyd,1982 dalam Irawan, 2009).Kecerahan air penting artinya bagi kehidupan organisme perairan. Kecerahan merupakan ukuran untuk mengetahui daya penetrasi cahaya matahari ke dalam perairan. Hasil pengukuran kecerahan pada setiap stasiun pengamatan berkisar antara 63–68 cm, ini berarti perairan Sungai Siak tingkat kecerahannya masih tergolong baik. Tingkat kecerahan yang baik berkisar antara 30–65 cm yang mendukung untuk produktifitas organism akuatik (Boyd dan Licthkoppler, 1979 dalam Suwondo dkk, 2005).Nilai kecerahan air rata-rata diatas 40 cm, kondisi ini cenderung cukup baik untuk kehidupan ikan. Kandungan materi organik (1,1%) pada stasiun ini merupakan yang terendah dari stasiun lainnya. Proses degradasi oleh mikroba organik semakin rendah, artinya ketersediaan oksigen terlarut cukup untuk keperluan aktivitas metabolisme biota penghuninya, yang memungkinkan kehadiran serta jumlah jenis ikan yang lebih banyak (Yustina, 2001).
b. Suhu Hardjojo dan Djokosetiyanto (2005) dalam Irawan (2009),  menyatakan bahwa suhu air normal adalah suhu air yang memungkinkan makhluk hidup dapat melakukan metabolisme dan berkembangbiak. Suhu merupakan faktor fisik yang sangat penting di air, karena bersama-sama dengan zat/unsure yang terkandung didalamnya akan menentukan massa jenis air, dan bersama-sama dengan tekanan dapat digunakan untuk menentukan densitas air.Kelarutan berbagai jenis gas di dalam air semua aktivitas biologis dan fisiologis di dalam ekosistem sangatdipengaruhi oleh suhu. Suhu mempunyai pengaruh yang besar terhadap kelarutan oksigen di dalam air, apabila suhu air naik maka kelarutan oksigen di dalam air menurun (Sastrawijaya, 2000 dalam Sinaga, 2009).


c. Kecepatan ArusMenurut Barus (2001) dalam Irawan dkk (2009) , arus air adalah faktor yang mempunyai peranan yang sangat penting baik pada periran letik maupun pada perairan lentik. Hal ini berhubungan dengan penyebaran organisme, gas-gas terlarut dan mineral yang terdapat di dalam air. Kecepatan aliran air akan bervariasi secara vertikal. Arus air pada perairan lotik umumnya bersifat tusbulen yaitu arus air yang bergerak ke segala arah sehingga air akan terdistribusi ke seluruh bagian dari perairan.Menurut Husabarat dan Stewart (2008) dalam Suwondo dkk (2005), arus merupakan gerakan air yang sangat luas terjadi pada seluruh lautan di dunia. Arus-arus ini mempunyai arti yang sangat penting dalam menentukan arah pelayaran bagi kapal-kapal.




Kingdom monera terbagi menjadi

Jawaban

Kingdom Monera secara sederhana terbagi menjadi dua filum, yaitu filum Cyanobakteri dan Bakteri.

Peranan amphibia bagi ekosistem

Jawaban

Sebagai pengontrol jumlah hewan yang tidak terkendali, contoh lalat

Saraf kranial yang bersifat sensoris dan motoris adalah

Jawaban



Saraf kranial yang bersifat sensori dan motorik adalah saraf kranial III ( Trigeminus ), saraf VI ( Fasialis ), Saraf IX ( Glosufaringeal ), dan saraf X ( Vangus ).

yang merupakan komponen ekosistem adalah.... a.seekor semut atau seekor kelinci b.10 ekor kerbau dan 10 ekor sapi c. seekor semut d.beberapa ekor kelinci please bantu

Jawaban

Komponen ekosistem biasanya dari biotik & abiotik. kok ini biotik semua ya?

Apa saja sumber-sumber polutan dan jenis-jenis polutan biomagnifikasi?

Jawaban

Poluton alami dan puloton buatan. Atau poluton sartei dan poluton sange jenis nya vevri, gerbu, senguan

Apa yg dimaksud dengan plastida??

Jawaban

Plastida itu organel sel
Plastida adalah organel sel yang penting pada tumbuhan seperti fotosintetis

Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan berkormus karena

Jawaban

Karena belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun sejati

Penyusun komunitas ekosistem heterotrof ditandai oleh?

Jawaban

Adanya konsumen tingkat l dan ll

Mata dikromat adalah

Jawaban

Keadaan mata yang hanya mampu membedakan warna hitam dengan putih serta kelabu :)

semoga membantu :3

Pati terdiri dari dua jenis fraksi.apa saja kedua frkasi tersebut ????

Jawaban

Fraksi demokrat
fraksi nasdem

Rokok menghasilkan gas co yang dapat menyebabkan terjadi gangguan pernapasan karena

Jawaban

Karena memang benar merokok dapat menganggu pernapasan dan menimbulkan penyakit asma,paru2 dan gangguan lainnya

Peranan alat penghisap yang dimiliki lintah

Jawaban

Untuk menghisap darah. Darah merupakan makanan lintah

Sampah yang tidak dapat diurai secara biologis adalah

Jawaban

Sampah anorganik......
Sampah yang tidak dapat terurai secara biologis adalah sampah anorganik

Jelaskan 5 kerugian hewan molusca bagi kehidupan manusia

Jawaban

- merusak taman
- sebagai hama
- siput air adalah perantara cancing fasciola hepatica

Pertanyaan Lainnya
Pengertian conidiophores Jelaskan perbedaan perintah if dan switch Bagaimana hubungan antara penduduk dengan kebutuhan pangan Cara membuat vpn di mikrotik Besar sudut sudut suatu segitiga ada x° 5x° dan 6x° sudut terbesar suatu segitiga adalah Tolong Bantuin yah?? 1.Berapa jumlah getaran yang terjadi dalam waktu 1 menit untuk sebuah ayunan harmoni yang memiliki frekuensi getaran 5 Hz?? 2.Hitung berapa waktu yang diperlukan untuk 10 getaran? Rumus : n2 = n2 n1 = t1 t2 ? t1 = n2 = t2 ? Diketahui hasil kali kelarutanCr(OH)2 pada 289 K adalah 1,08 X 10^-19 mol^3 L^-3, maka kelarutan dari Cr(OH)2 sebesar Maksud dari pribahasa: 1. an army of sheep led by a lion would defeat an army of lions led by the sheep Sekelompok anak balita di puskesmas akan di imunisasi,4 anak telah di imunisasi polio dan cacar,8 anak telah di imunisasi polio,6 anak telah di imunisasi cacar dan 5 anak belum di imunisasi.banyaknya anak balita yang datang ke puskesmas adalah... Jelaskan fungsi frame ? Dua mobil A dan B saling mendekati dari jarak 600m pada lintasan yg lurus. mobil A kecepatannya 10 m/s dan mobil B kecepatannya 20 m/s. jarak yang ditempuh mobil pertama saat bertemu mobil kedua adalah... A. 200m B. 300m C. 400m D. 500m Bagaimana cara menentukan tingkat simetri putar sistem ekonomi komando merupaka suatu sistem ekonomi dimana seluruh sumber daya pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh 5 macam susunan atmosfer Apa yang akan terjadi pada gas nitrogen bila turun hujan Langkah langkah untuk menerapkan pola hidup Apa undang undang yang mengatur lembaga demokrasi dan parpol di indonesia ? Puisi nama zeni nurfauzi Segala keterangan mengenai waktu,tempat, dan suasana dalam cerita rakyat disebut Program untuk menghitung volume dan luas permukaan bola dengan tipe float